10 Hal yang Harus Anda Coba untuk Perawatan Jerawat Membandel!

10 Hal yang Harus Anda Coba untuk Perawatan Jerawat Membandel!

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami oleh hampir semua orang. Kondisi ini tidak hanya terjadi di wajah Anda saja, namun mereka juga sering kali hadir di dada, leher, punggung atau bahu. 

Mungkin berbagai perawatan jerawat telah Anda coba untuk menghilangkannya. Namun, jerawat membandel itu tak juga kunjung hilang dari wajah Anda. Jangan putus asa, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat yang sulit sekali hilang. 

Tips perawatan jerawat membandel

1. Lakukan perawatan jerawat minimal 4 minggu agar berhasil

Menggunakan produk jerawat baru pada beberapa hari mungkin sangat bermanfaat, tetapi hal tersebut justru dapat memperburuk jerawat. Perawatan jerawat membutuhkan waktu untuk bekerja. Dan, menggunakan produk yang berbeda setiap beberapa hari pun dapat membuat kulit Anda iritasi, dan menyebabkan jerawat baru yang muncul. 

Untuk membuat perawatan jerawat berhasil pada wajah Anda, paling tidak Anda membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 6 minggu. Dan, diperlukan waktu dua hingga tiga bulan untuk lebih membuatnya hilang. Jika Anda melihat adanya peningkatan, maka tetap gunakan perawatan. 

2. Coba obati penyebab jerawat

Jika Anda tidak melihat perubahan setelah 4-6 minggu, tambahkan produk jerawat tambahan dalam perawatan Anda. Metode ini diharapkan dapat membantu mengatasi berbagai penyebab jerawat. Bakteri, pori-pori yang tersumbat, minyak dan peradangan dapat menyebabkan jerawat. 

Tentu saja metode kedua ini harus mengatasi penyebab jerawat. Misalnya saja, pengobatan pertama Anda menggunakan benzoil peroksida, nah pengobatan kedua harus mengandung bahan lain yang dapat membasmi jerawat lainnya. berikut bahan aktif yang dapat bekerja melawan jerawat:

  • Benzoil peroksida, mengatasi bakteri P. Acnes
  • Retinoid, seperti gel adapalene, membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi sifat berminyak
  • Asam salisilat, meredakan peradangan dan membuka pori-pori

3. Ikuti petunjuk pemakaian

Meskipun menggunakan perawatan jerawat terlihat sangat mudah, namun Anda tetap harus mengikuti aturan yang telah ada. Misalnya, seberapa banyak Anda menggunakan cream atau seberapa sering Anda diharuskan menggunakan obat tersebut. Dengan mengikuti petunjuk pemakaian yang sesuai dapat terlihat perbedaannya. 

4. Cuci muka dua kali sehari

Kulit yang sensitif terhadap jerawat, mencuci muka dua kali sehari dapat mengiritasi kulit Anda dan memperburuk jerawat. Untuk hasil terbaik, dokter kulit menyarankan untuk mencuci muka saat Anda:

  • Bangun tidur
  • Akan tidur
  • Memiliki wajah yang berkeringat

5. Berhenti menggosok wajah

Jika kulit Anda terasa berminyak, atau kotor, Anda mungkin tergoda untuk menggosoknya hingga bersih. Jangan pernah lakukan itu. Menggosok wajah dapat membuat kulit iritasi dan rentan terhadap jerawat, mungkin bisa memperparah jerawat. 

6. Gunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang tidak menimbulkan jerawat

Pilih produk dengan label berikut:

  • Tidak akan menyumbat pori-pori
  • Non-komedogenik
  • Non-acnegenic
  • Bebas minyak

7. Tahan untuk tidak menyentuh jerawat

Menyentuh jerawat, mengorek bahkan memencet jerawat mungkin tampak seperti cara cepat untuk menghilangkannya, tetapi memencet jerawat sebenarnya dapat memperburuk keadaan. Setiap kali Anda menyentuh, mencongkel, atau memencet jerawat hingga meletus akan memperparah jerawat.

8. Oleskan obat jerawat pada semua kulit yang rentan

Anda dapat mengoleskan obat jerawat pada semua kulit yang rentan terhadap jerawat, dan bukan hanya yang bernoda saja. Menerapkan lapisan tipis pada kulit yang rentan berjerawat dapat membantu mengatasi jerawat yang ada dan mencegah munculnya jerawat baru.

9. Cuci sarung bantal, topi, dan benda lain yang menyentuh kulit berjerawat

Sel kulit mati, bakteri, dan kotoran akan menumpuk pada permukaan ini, yang dapat menyumbat pori-pori Anda. Mencuci apa yang sering menyentuh wajah dapat mencegah munculnya jerawat.

10. Minta bantuan dokter

Jika Anda masih berjerawat setelah mencoba tips ini, disarankan untuk mengunjungi dokter untuk berkonsultasi tentang perawatan jerawat membandel yang Anda miliki.

Seorang dokter kulit mungkin dapat membantu Anda untuk mengatasi jerawat. Selain menyarankan krim, losion, gel atau sabun yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu, beberapa dapat Anda beli tanpa resep seperti:

  • Aldactone (spironolactone), memblokir kelebihan hormon
  • Benzoil peroksida, membunuh bakteri dan menghilangkan minyak berlebih
  • Clascoterone (Winlevi), adalah pengobatan topikal yang memblokir hormon yang menyebabkan jerawat
  • Resorcinol adalah eksfolian untuk membantu menghilangkan komedo 
  • Asam salisilat, mencegah pori-pori tersumbat
  • Sulfur, mengangkat sel kulit mati

Dengan melakukan perawatan jerawat di atas diharapkan anda dapat mengatasi jerawat yang membandel pada wajah Anda. Namun, jika tidak berhasil atau jerawat tak juga kunjung membaik, disarankan untuk mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Be the first to comment on "10 Hal yang Harus Anda Coba untuk Perawatan Jerawat Membandel!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*