Ternyata, Ini Penyebab Munculnya Jerawat di Ketiak

Ternyata, Ini Penyebab Munculnya Jerawat di Ketiak

Jerawat di ketiak bukanlah hal yang aneh, karena jerawat bisa muncul di mana saja dari bagian tubuh kita, tidak terkecuali bagian ketiak. Kulit di bawah ketiak memang tipis dan halus. Inilah yang membuat ketiak mengandung banyak kelenjar keringat dan folikel rambut yang bisa tersumbat. Akibatnya, ketiak rentan terhadap jerawat, bisul, dan masalah kulit lainnya, yang bisa membuat Anda jadi tidak nyaman.

Penyebab munculnya jerawat di ketiak

Banyak faktor dalam kehidupan Anda sehari-hari yang dapat menyebabkan jerawat di ketiak, termasuk gesekan, rambut yang tumbuh ke dalam, luka akibat pisau cukur, dan infeksi bakteri. Terkadang, yang muncul adalah benjolan merah yang terlihat mirip jerawat. Berikut penyebab jerawat di ketiak yang mungkin Anda alami:

  • Gesekan

Ketiak sangat rentan terhadap gesekan, entah itu saat lengan terayun ke depan atau ke belakang. Setiap kali kulit bergesekan dengan kulit, maka besar kemungkinan menyebabkan cedera, iritasi, bahkan infeksi. Selain kulit dengan kulit, gesekan juga bisa terjadi antara kulit dengan pakaian ketat, ikatan bra, dan tali tas atau ransel. Semua gesekan ini dapat menimbulkan jerawat di ketiak.

  • Mencukur bulu ketiak dengan pisau cukur

Jika Anda menggunakan pisau cukur secara rutin untuk menghilangkan rambut dari ketiak, maka dapat meningkatkan gesekan dan kejadian iritasi pada kulit ketiak yang halus. Tidak hanya jerawat, mencukur rambut ketiak dengan pisau cukur juga dapat menyebabkan ruam merah, gatal-gatal, dan rasa yang tidak nyaman.

  • Rambut ketiak tumbuh ke dalam

Mencukur ketiak juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Rambut ini adalah folikel rambut menggulung ke dalam akibat tekanan cukuran, sehingga arah tumbuhnya kembali ke dalam kulit. Ini akan menimbulkan benjolan atau jerawat di ketiak Anda. Penting juga untuk tidak mengorek atau merusak bagian kulit yang terdapat rambut tumbuh ke dalam, karena akan menimbulkan bakteri dan menyebabkan folikulitis.

  • Folikulitis

Folikulitis adalah infeksi yang terjadi pada folikel rambut. Kondisi ini akan terlihat seperti benjolan merah di dalam atau di dekat helai rambut ketiak, dan bisa saja mengandung nanah atau darah. Jika penyebab infeksinya adalah bakteri, maka Anda dapat mengobatinya dengan obat antibiotik. Penggunaan sabun antibakteri juga dapat membantu membunuh bakteri pada kulit. Namun, karena kondisi ini bisa sangat mengiritasi kulit, penting bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan antibiotik yang dijual bebas. Bisa saja obat tersebut menyebabkan reaksi alergi pada kulit, yang disebut juga dengan dermatitis kontak alergi.

  • Dermatitis kontak alergi

Dermatitis kontak alergi terjadi ketika kulit terpapar oleh zat zat atau bahan yang menyebabkan alergi pada kulit. Di ketiak misalnya, bisa mengalami dermatitis kontak alergi akibat penggunaan deodoran atau bahkan, sabun atau deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian. Kondisi ini bisa menimbulkan jerawat di ketiak, ruam kemerahan, terasa gatal, dan bisa berisi nanah atau darah. 

  • Bisul

Bisul adalah benjolan merah dan terasa nyeri yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bisul lebih mungkin muncul pada kulit yang terlalu lembab dan sering mengalami gesekan, seperti di ketiak dan selangkangan. Jika dibiarkan, bisul bisa semakin membesar dan menyakitkan. Namun, seiring berjalannya waktu, bisul biasanya akan pecah dan sembuh dengan sendirinya. Yang terpenting, Anda tidak memencet dan memecahkan bisul secara paksa, karena ini dapat memperburuk infeksi.

Inilah beberapa alasan yang mungkin menyebabkan timbulnya jerawat di ketiak. Anda bisa melakukan perawatan sesuai dengan faktor penyebabnya. Langkah sederhana mungkin dengan kompres hangat pada jerawat sebanyak beberapa kali sehari. Selain itu, menggunakan krim topikal atau obat-obatan tertentu juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhannya. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit jika jerawat semakin parah atau menyebar banyak ke bagian tubuh Anda lainnya.

Be the first to comment on "Ternyata, Ini Penyebab Munculnya Jerawat di Ketiak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*