Benarkah Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam Ampuh?

 

Ketombe bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi siapa pun yang mengalaminya. Ada banyak sampo yang beredar di pasaran yang dapat membantu mengatasi ketombe, diantaranya yang mengandung bahan aktif zinc pyrithione, selenium sulfide, atau coal tar.

Namun, bagaimana dengan cara menghilangkan ketombe dengan garam, apakah ampuh? Kini banyak orang memilih untuk mengatasi ketombe dengan cara alami, salah satunya dengan garam. Berikut penjelasan apakah menghilangkan ketombe dengan garam ampuh atau tidak.

Garam obat yang bagus untuk ketombe

Keringat dan sifat berminyak adalah salah satu penyebab ketombe. Namun, cara menghilangkan ketombe dengan garam dapat membantu dalam menyerap semua minyak berlebihan dari kulit kepala. Kelembapan yang berlebihan bisa memicu tumbuhnya jamur dan juga menyebabkan ketombe.

Dan, garam akan membantu menyerap kelembapan berlebihan dan juga melawan pertumbuhan jamur. Pori-pori yang tersumbat adalah salah satu penyebab terbesar ketombe. Nah, garam membantu melonggarkan serpihan di kulit kepala dengan mengelupasnya.

Beberapa cara menghilangkan ketombe dengan garam

  1. Garam dan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah pelembab alami dan juga membantu memperkuat kulit kepala. Vitamin C dalam jus lemon/person lemon membantu mengatasi ketombe dan juga membantu pertumbuhan rambut.

Caranya:

  • Ambil 2 sendok makan garam laut
  • 1-2 sendok makan minyak zaitun
  • 1-2 sendok makan jus lemon atau perasan lemon
  • Lalu campurkan semuanya
  • Basahi rambut Anda dan oleskan larutan pada kulit kepala, hingga sepenuhnya tertutupi
  • Pijat dengan gerakan melingkar dengan ujung jari dan biarkan selama 5 menit
  • Cuci rambut Anda dengan sampo bebas sulfat dan gunakan kondisioner

Ingat, saat Anda mengoleskan kondisioner, oleskan dari pertengahan rambut hingga ujungnya, bukan dari kulit kepala.

  1. Larutan garam

Metode kali ini sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu panaskan sejumlah air yang Anda perlukan untuk membilas rambut dan oleskan 2 sendok makan garam ke dalamnya. Setelah garam larut, biarkan larutan menjadi dingin dahulu. Setelah dingin, oleskan larutan tersebut ke rambut Anda dan kemudian bersihkan dengan sampo bebas sulfat ringan. Kemudian Anda dapat mengoleskan kondisioner dari bagian tengah sampai ujung dan bersihkan dengan air hangat.

  1. Sampo garam

Untuk melakukan cara ini Anda hanya perlu setengah sendok makan garam dan satu sendok makan sampo. Lalu campurkan keduanya hingga tercampur rata. Lalu oleskan kulit kepala Anda dan pijat kulit kepala. Setelah itu, cuci rambut dengan air dingin. Lakukan hal ini dua atau tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Garam Epsom

Garam ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Yang harus Anda lakukan adalah dengan membasahi rambut Anda dengan air hangat sepenuhnya. Pijat rambut Anda dengan garam Epsom dan tutupi seluruhnya. Biarkan selama 5 menit, setelah itu keramas rambut Anda dengan sampo bebas sulfat. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner dari pertengahan rambut hingga ujung rambut, dan lakukan dua kali seminggu.

  1. Garam laut

Garam laut adalah obat luar biasa yang memiliki agen detoksisfikasi untuk membuang racum yang ada di dalam tubuh serta mengobati infeksi jamur. Buat larutan 3 sendok makan garam laut dengan air. Tuang ke dalam shaker untuk disemprotkan ke kulit kepala Anda. Pijat kulit kepala Anda dengan lembut selama 10 menit. Lalu cuci rambut Anda dengan sampo dan gunakan kondisioner. Ulangi perawatan satu kali seminggu untuk melihat rambut bebas ketombe.

Beberapa cara menghilangkan ketombe dengan garam di atas dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah didapat. Jadi, kapan Anda mulai mengobati ketombe dengan garam?

Be the first to comment on "Benarkah Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam Ampuh?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*